minuman bersoda

Minuman bersoda memang terasa segar saat diminum. Namun tahukah Anda bahwa efek yang ditinggalkan oleh minuman itu terhadap kesehatan ginjal bisa bikin ngeri?

Sebuah penelitian menyebut bahwa konsumsi minuman bersoda 2 gelas per hari dapat membuat kemungkinan Anda menderita penyakit ginjal kronis meningkat. Selain itu, berikut adalah efek buruk lain dari minuman bersoda, seperti dilansir oleh situs Boldsky:

  • Batu ginjal
    Dalam minuman bersoda, biasanya terkandung asam fosfat yang ternyata dapat mengikat mineral seperti kalsium dan mengendap di dalam ginjal. Ini menyebabkan terbentuknya batu ginjal di saluran kemih.



  • Penyakit ginjal kronis
    Pada jenis minuman bersoda pun terdapat sodium yang merupakan salah satu jenis garam yang mampu meningkatkan resiko timbulnya penyakit ginjal kronis. Gejalanya adalah berkurangnya kemampuan ginjal untuk bekerja menyaring sampah dari tubuh manusia, hingga terjadi penumpukan sampah dan racun dalam darah.



  • Penurunan fungsi ginjal
    Pemanis buatan yang biasanya ada dalam soda diet atau pun soda biasa, ternyata dapat menyebabkan terjadinya penurunan fungsi kerja ginjal bila Anda mengonsumsinya lebih dari 2 gelas per hari.



  • Fruktosa
    Ini adalah jenis pemanis yang memiliki kalori tinggi. Efek buruknya bila dikonsumsi berlebih adalah menyebabkan tekanan darah meningkat dan sakit ginjal. Fruktosa berkontribusi pada sensitivitas insulin dan dapat berakibat obesitas pula.


Jadi, batasi konsumsi minuman bersoda jika Anda ingin ginjal Anda tetap sehat.

 

 

Sumber

Posting Komentar

Berita Sejagat

{picturehttps://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_400_400/p/7/005/040/094/3c3f6e1.jpg} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.