Daun Kemangi
Jakarta Makan pecel lele, pecel ayam atau ayam penyet rasanya tak pas jika tak ada lalapan kemangi. Kemangi dimanfaatkan sebagai pelengkap berbagai jenis masakan untuk menggugah selera dan menambah aroma. Kemangi mempunyai nama latin Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. Tak hanya menyegarkan, dan menambah aroma, kemangi juga punya banyak manfaat luar biasa bagi tubuh.

Apa saja manfaat dari Kemangi?

1. Meredakan demam & masuk angin
Daun kemangi mampu meredakan demam dan masuk angin yang diderita oleh balita. Caranya Ambil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

2. Menyehatkan mata
Vitamin A dalam daun kemangi memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan Lutein dan zeaxanthin. Lutein dan zeaxanthin terkandung dalam kemangi segar yang berfungsi mencegah keruskan mata akibat paparan sinar berbahaya.

3. Melancarkan ASI
Daun kemangi segar dipercaya dapat mencegah bau badan dan bau mulut, serta memperlancar ASI. Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.

4. Anti inflamasi
Kemangi merupakan agen anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.

5. Menopouse
Kemangi dapat menunda menopouse karena kandungan Zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.

6. Mencegah batuk
Di Thailand, kemangi digunakan sebagai bumbu masak. Di India dan sebagian wilayah di Afrika, daun kemangi diseduh menjadi teh. Teh kemangi disajikan pada saat pergantian musim, saat masyarakat setempat mudah terserang batuk, pilek, atau demam.

7. Mengatasi Keputihan
Kandungan senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.

8. Merangsang Sel Telur
Daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

9. Antiradang
Kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

10. Menjaga Kesehatan Jantung
Berdasarkan beberapa penelitian, daun kemangi berperan dalam memelihara kesehatan Jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

11. Mengatasi Stroke
Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.




12. Mengatasi Bau Mulut
Anda dapat mengkonsumsi minimal 10 lembar daun kemangi tiap hari secara teratur. Atau Anda juga bisa menggantinya dengan meminum air rebusan daun kemangi yang dicampur dengan sedikit gula merah. Jika Anda melakukan hal ini, pasti masalah bau mulut atau bau badan akan cepat menghilang.


13. Menghilangkan Komedo
Untuk menghilangkan komedo dengan daun kemangi, Anda dapat menumbuk daun kemangi dan menjadikannya sebagai masker wajah. Setelah dioleskan di wajah, biarkan selama sekitar 20 menit. Kemudian, bilas wajah sampai bersih. Selain berkhasiat untuk menghilangkan komedo di wajah, masker daun kemangi ternyata juga dapat membuat wajah menjadi lebih sehat dan cerah.

14. Manfaat lainnya
Para perokok bisa mengunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.

Jangan lupa sebelum konsumsi, perhatikan kebersihan daun kemangi, cucibersih sebelum di makan


| Dari berbagai sumber




Posting Komentar

Berita Sejagat

{picturehttps://media.licdn.com/mpr/mpr/shrinknp_400_400/p/7/005/040/094/3c3f6e1.jpg} YOUR_PROFILE_DESCRIPTION {facebook#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {twitter#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {google#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {pinterest#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {youtube#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL} {instagram#YOUR_SOCIAL_PROFILE_URL}
Diberdayakan oleh Blogger.